Kamis, 01 Oktober 2015

Freedom or Independence?

           Freedom or Independence?
livefulloutnow.com


 Apa itu kemerdekaan? Apa itu kemandirian? Dan adakah hubungan antara keduanya?
Mari kita bahas definisi dari keduanya terlebih dahulu. Kemandirian berasal dari kata ‘mandiri’. Yaitu, keadaan dapat berdiri sendiri dan tanpa bergantung pada orang lain (menurut KBBI). Sedangkan kemerdekaan adalah di saat suatu negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya, atau  di saat seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi. Sinonimnya  ialah 'kebebasan' (Wikipedia Indonesia).

            Pembahasan kali ini yaitu mengapa negara Indonesia lebih memilih “Hari Kemerdekaan”, sedangkan di negara-negara maju disebut “Independence Day”?

            Jika dicari arti dari keduanya mungkin tampak sama, tapi makna yang sebenarnya ternyata berbeda. Ini dikarenakan merdeka atau sinonimnya yaitu bebas (freedom) didasari atas keinginan (want). Bangsa ini telah didoktrin selama puluhan tahun dengan kata ‘kebebasan’ itu. ‘Kebebasan’ disini sering disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Menggunakan kata ‘kebebasan’ untuk melakukan pelanggaran, bertindak seenaknya, dll. Sedangkan ‘Kemandirian’ didasari oleh kebutuhan (need). Apa yang kita butuhkan pastinya sangat penting dan berguna untuk masa depan nantinya. 


Jadi, selama ini kita telah salah memaknai kemerdekaan tersebut. Cobalah untuk tidak hanya memaknai kemerdekaan dengan perlombaan-perlombaan saja, yang hanya semata-mata untuk kesenangan belaka. Tetapi dengan cara menghasilkan karya-karya inovatif juga yang pastinya berguna untuk masa depan negara ini. Namun, kembali pada pribadi masing-masing memandang ‘Kemerdekaan’ seperti apa. Tapi cobalah untuk merubah mind set ‘Kemerdekaan’ tersebut agar menjadi orang yang mandiri, dan berkompeten. Orang yang berkompeten atau bertanggung jawab akan menghasilkan karya-karya yang inovatif dan unique. Untuk menjadi orang yang berkompeten harus mengenal apa yang menjadi keiginan dan kebutuhan. Jika telah menjadi orang yang berkompeten, negara ini mungkin akan menjadi negara merdeka yang sesungguhnya..
                     
beverlyboston.com
“Jangan tunggu dijatuhkan orang lain, tapi bagaimana cara menjatuhkan diri sendiri” –Seta A. Wicaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar